Tentang Sanggar Mitra Sabda

Foto saya
PROFIL Sanggar Mitra Sabda adalah sebuah Lembaga Swadaya Gerejawi, Mitra Gereja/ Lembaga bagi pemulihan relasi dengan Allah; dengan diri sendiri, dengan sesama dan dengan lingkungannya.

Senin, 09 Mei 2011

Tua-Tua Keladi


Baca: Mazmur 92:13-16
Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar.
Mazmur 92:15

Pepatah“Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi”, sebenarnya bisa dibaca positif, walaupun sering dipakai untuk sindiran orang usia lanjut yang tidak tahu diri. Harus dibedakan antara menjadi dan menjadi-jadi.Yang positif adalah yang menjadi bijaksana, berhikmat, menjadi teladan. Yang negatif adalah yang menjadi-jadi tidak baik, tidak bisa diteladani oleh anak-cucu. Akibatnya mempermalukan keluarga, gereja dan mas-yarakat.
Bagaimana kehidupan kita setelah memasuki usia lanjut, menjadi atau menjadi-jadi? Pemazmur berkata bahwa pada masa tua pun mereka masih berbuah. Berbuah apa dan bagaima­na?
Hidup menjadi harapan dan menarik perhatian. Pohon yang tidak berbuah akan ditebang. Sedangkan pohon yang berbuah akan menjadi harapan setiap orang untuk datang mendekat dan memetik buahnya. Saat usia lanjut masihkah kita memiliki daya tarik bagi orang lain karena ada buah dari kesetiaan kita mengikut Kristus?
Yang terpancar di luar berasal dari dalam. Sehat luar dan dalam adalah sebutan bagi orang yang memang bersih hidupnya dan sehat ba­dannya. Tidak ada orang yang bisa menipu kata hatinya sendiri. Siapakah yang ada di dalam hati kita saat ini: Tuhan Yesus atau yang lain?”
Semakin tua seharusnya semakin padat berisi. Gemuk dan segar adalah kata lain dari hidup yang padat berisi. Semakin tua apa yang kita kumpulkan? Masihkah kita mengejar yang duniawi atau semakin mendekat kepada Tuhan? Wariskan keteladanan iman kepada anak cucu lebih dari pada harta benda duniawi yang kadang malah menjadi akar perpecahan keluarga. —Pdt. Em. Andreas Gunawan Pr.

Tampilkanlah hal-hal yang rohani di hari tua, hidup
ini akan lebih bersinar ke arah surga.




=================================================
Diambil dari Renungan Harian MUSA, Penerbit: Sanggar Mitra Sabda, Jl. Merdeka Utara I-B/ 10; SALATIGA 50714; Telp/Fax: 0298-325176,  E-mail: mitrasabda@yahoo.co.id


Bilamana ingin berlangganan  Rp 4.000,00 per edisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama : ________________________________________________
E-mail: _______________________________________________
Komentar Anda : ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________