Tentang Sanggar Mitra Sabda

Foto saya
PROFIL Sanggar Mitra Sabda adalah sebuah Lembaga Swadaya Gerejawi, Mitra Gereja/ Lembaga bagi pemulihan relasi dengan Allah; dengan diri sendiri, dengan sesama dan dengan lingkungannya.

Rabu, 11 Mei 2011

Hikmat Rambut Putih

Baca: Amsal 16:31
Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran.
Amsal 16:31

Memutihnya rambut atau ubanan meru­pakan tanda penuaan. Menjadi tua pada umumnya berarti kemunduran dan keme-rosotan dalam berbagai hal. Oleh sebab itu orang pada umumnya tidak senang menga­lami kenyataan bahwa dirinya menjadi tua. Upaya untuk mencat rambut agar warnanya tetap hitam, merupakan wujud dari reaksi penolakan tersebut.
Namun, penulis Kitab Amsal rupanya mempunyai pemahaman yang lain menge­nai rambut yang berubah warna menjadi  putih itu. Baginya, rambut putih merupakan “mahkota yang indah”. Dengan kata lain, baginya rambut putih itu bukan merupakan tanda yang harus disesali dan dihindari, melainkan justru harus dibanggakan dan disyukuri! Mahkota bermakna keagungan dan kemuliaan. Jadi, putihnya rambut, menjadi lambang dari keagungan dan kemuliaan yang ada pada diri pemiliknya. Namun dalam hal ini perlu kita perhatikan, bahwa menurut Amsal, mahkota itu didapat melalui kehidupan yang ada pada jalan kebenaran. Artinya melalui kehidupan yang menaati kehendak dan hukum-hukum Tuhan. Sebab, kebenaran di sini yang dimaksudkan adalah kebenaran Tuhan sendiri.
Pesan yang dapat kita tarik dari pernyataan Amsal itu ialah, bahwa kita tidak perlu risau menjadi tua, asal hidup kita itu kita usaha­kan selalu berada “pada jalan kebenaran”. Dalam hal ini, berbagai pengalaman dan pelajaran dari hal menaati kehendak Tuhan yang telah “terkumpul” selama hidup kita itu mungkin dapat dibagikan, sehingga menjadi kesaksian dan mungkin juga berkat bagi orang lain. —Pdt. Em. Sutarno.

Semakin tua harus berarti semakin benar dan bijaksana, agar kepatuhan dan ketertundukan orang muda tidak menjadi sia-sia.




=================================================
Diambil dari Renungan Harian MUSA, Penerbit: Sanggar Mitra Sabda, Jl. Merdeka Utara I-B/ 10; SALATIGA 50714; Telp/Fax: 0298-325176,  E-mail: mitrasabda@yahoo.co.id


Bilamana ingin berlangganan  Rp 4.000,00 per edisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama : ________________________________________________
E-mail: _______________________________________________
Komentar Anda : ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________